3 Jenis Masakan Daging Olahan khas Banjar yang Wajib Anda Coba

admin 0
masakan daging olahan

Radosi – Setiap daerah di Kalimantan, termasuk di dalamnya Banjarmasin, lebih dikenal dengan buah-buahannya. Padahal, cukup banyak juga kuliner yang menggugah selera di sini. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Banjarmasin, banyak masakan daging olahan yang wajib Anda coba. Apa sajakah itu? Berikut 3 jenis yang paling direkomendasikan.

masakan daging olahan

1. Ikan Patin Bakar

Masakan khas Banjar pertama yang paling direkomendasikan adalah ikan patin bakar. Berbagai masakan tentunya akan terasa lebih mantap jika sudah tercium aroma sedapnya dari kejauhan. Nah, ikan patin bakar inilah contohnya.

Ikan patin bakar khas Banjar biasa dimasak dengan daun pisang. Cara ini tentu saja efektif untuk menjaga citarasa daging yang telah diolesi bumbu rempah pilihan. Daging ikan bakar yang benar-benar empuk dan rasa pedas khas Banjar-nya tidak akan pernah bisa dilupakan.

2. Daging Masak Habang

Masakan ini sangat populer di Banjarmasin dan bukan hanya digemari oleh masyarakat Banjar, tapi juga warga perantauan yang lama tinggal di sini. Sesuai namanya, habang, memiliki arti seperti bahasa Jawa, abang, yaitu merah.

Warna ini dihasilkan dari cabai merah dan tomat yang menjadi bumbu dasar olahan daging ini. Berbagai macam daging bisa diolah menjadi masakan habang, di antaranya yaitu ikan, ayam, daging sapi, serta telur. Masakan ini biasa disajikan dengan sayur lontong.

3. Sate Banjar

Jika berbicara tentang sate, memang Madura yang popularitasnya tinggi. Tapi, untuk masakan ketiga khas Banjar ini, dijamin tidak kalah maknyus dari sate Madura. Sampai saat ini, sambal dari sate Madura belum ada yang bisa mengalahkan sampai saat ini.

Nah, untuk daging, sepertinya sate Banjar layak juga diacungi jempol. Anda bisa merasakan bumbu pedas serta rempah-rempah khas nusantara yang melekat kuat dalam tiap potongan dagingnya. Daging yang sering dibuat sate bukan hanya ayam dan sapi, tapi juga cumi.

Ketiga masakan daging olahan tersebut bisa Anda temukan di Rumah Makan Mona. Baik nasi ataupun lontong, kombinasinya terasa sangat serasi di lidah. Jika Anda wisatawan lokal, maka masakan-masakan ini wajib dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *