6 Cara Mengatasi Diare Pada Anak yang Efektif

admin 0
cara mengatasi diare pada anak

Radosi – Kondisi perut yang mengalami gangguan diare pada usia anak-anak bisa disebabkan banyak faktor. Cara mengatasi diare pada anak semestinya cepat dilakukan dengan melihat faktor penyebabnya dahulu. Rata-rata diare terjadi karena adanya bakteri jahat yang memberi efek kurang sehat bagi sistem pencernaan anak.

Cara Mengatasi Diare Pada Anak Lebih Cepat Sembuh

Prose penyembuhan diare pada anak bisa memakan waktu 1 sampai 3 hari. Untuk lebih cepat sembuh lakukan beberapa metode berikut ini.

cara mengatasi diare pada anak

1. Berikan Larutan Rehidrasi Oral

Langkah awal sekaligus menjadi penanganan cepat pada kondisi diare anak bisa dilakukan dengan memberi larutan rehidrasi oral. Karena itu membuat oralit adalah cara tepat untuk menjadi faktor utama penyembuh diare pada anak sekaligus menjadi penanganan pertama.

2. Berikan Makanan Berkuah

Salah satu cara mengatasi diare pada anak bisa memberi makanan berkuah. Langkah ini terbilang mudah dan dapat diberikan pada makan siang dan makan malam. Beberapa menu berkuah bisa dipilih dari sayur, sup berkuah, dan air mineral.

3. Konsumsi Makanan Mengandung Zinc

Untuk mengurangi intensitas diare cobalah beri makanan dengan kandungan zinc tinggi. Dalam hal ini manfaat zinc sendiri untuk menguatkan saluran cerna sehingga dapat mengobati kondisi diare sekaligus mencegah terjadinya diare. Beberapa menu fish oil omega 3 dan omega 6 juga dapat diberikan untuk si kecil.

4. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Selain membuat oralit, Anda dapat memberi asupan air putih secukupnya. Dari sinilah Anda bisa mendapat manfaat dari air putih sebagai pencegah sekaligus menambah cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Satu kondisi diare menyebabkan dehidrasi, karena itu tambah asupan air putih untuk mencegah dehidrasi.

5. Konsumsi Makanan Berserat

Untuk mempercepat proses penyembuhan diare sekaligus mengeluarkan racun secara cepat bisa dengan mengkonsumsi makanan berserat. Manfaat serat pastinya untuk memperlancar buang air besar sekaligus membersihkan kotoran dan racun di saluran pencernaan.

6. Hindari Makanan Cepat Saji

Pada proses penyembuhan diare, diharapkan Anda bisa mengurangi ataupun menghindari makanan cepat saji. Karena efek dari konsumsi makanan cepat saji ini dapat memperburuk kondisi diare pada anak.

Beberapa cara mengatasi diare pada anak masih diperhitungkan dengan melihat seperti apa efeknya. Pantau kondisi anak apakah mengalami perbaikan ataupun sebaliknya. Bila kondisi si kecil terus memburuk segera bawa ke dokter.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *