Apa Itu Efisiensi Bahan Bakar dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

efisiensi bahan bakar

Radosi – Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, kendaraan tidak hanya digunakan untuk melakukan mobilitas ke manapun Anda mau. Tetapi, Anda juga harus merawatnya agar kendaraan dapat berfungsi dengan optimal. Salah satunya adalah dengan cara efisiensi bahan bakar. Apa arti efisiensi pada bahan bakar ini dan bagaimana cara menghitungnya? Simak pembahasannya!

efisiensi bahan bakar

Apa itu Efisiensi Bahan Bakar?

Efisiensi bahan bakar adalah salah satu faktor yang bisa dijadikan suatu pertimbangan untuk Anda memilih mobil. Efisiensi dari bahan bakar digunakan untuk mengetahui tingkat kehematan bahan bakar dari suatu kendaraan. Sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk bahan bakar tersebut jika dihitung dengan tepat.

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi konsumsi dari bahan bakar tersebut. Mulai dari frekuensi perawatan kendaraan, tekanan ban, pendingin dan temperatur udara, kepadatan lalu lintas yang dilewati, kelembapan suhu, hingga cara mengemudi seseorang. Perkiraannya, 8% bahan bakar biasanya lebih banyak digunakan ketika AC atau pendingin udara dinyalakan.

Bagaimana Cara Menghitung Konsumsi Bahan Bakar?

Untuk mengetahui konsumsi bahan bakar yang Anda gunakan selama berkendara, Anda dapat menghitungnya secara manual. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi tangki bahan bakar hingga penuh. Lalu, catatlah kilometer yang tertera atau jarak tempuh mobilnya. Anda bisa menandainya dengan huruf A untuk mempermudah saat menghitung.

Kemudian, gunakan kendaraan tersebut untuk melakukan mobilitas seperti biasanya. Jika bahan bakar habis, maka Anda bisa mengisinya ulang hingga penuh. Catatlah jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam kendaraan Anda dan berikan penanda huruf F agar lebih mudah.

Anda juga harus mencatat jarak tempuh mobil setelah dilakukan pengisian bahan bakar ulang, berilah tanda  huruf B untuk ini. Hitung efisiensinya menggunakan rumus: Konsumsi bahan bakar = (B – A) / F. Jika hasilnya menunjukkan bahwa Anda boros, maka Anda harus lebih bisa menghemat bahan bakar lagi.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa efisiensi bahan bakar adalah salah satu cara untuk menghemat bahan bakar.Caranya adalah dengan menghitung konsumsi bahan bakar selama kegiatan berkendara tersebut. Sehingga, Anda bisa mengontrol kehematan bahan bakar Anda sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *