Tips Berhubungan Setelah Melahirkan Agar Aman

admin 0
berhubungan setelah melahirkan

Radosi – Beberapa wanita bisa dikatakan masih cukup ragu untuk melakukan hubungan intim dengan suami pasca melahirkan. Ya, ada anggapan bahwa berhubungan setelah melahirkan akan berbahaya karena berpengaruh pada bekas persalinan.

Secara umum, memang ada perubahan pada tubuh ibu setelah melahirkan. Namun, dalam hal ini, melakukan hubungan intim bukanlah suatu hal yang menyeramkan pasca melahirkan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar berhubungan intim tetap aman tanpa adanya hal yang menyakitkan.

berhubungan setelah melahirkan

Beberapa Tips Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Terkait hubungan intim setelah melahirkan, ada beberapa tips yang bisa menjadi patokan agar Anda dan suami bisa tetap menikmati dan terhindar dari rasa takut. Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Memulai di waktu yang tepat

Salah satu hal yang paling penting untuk memulai hubungan intim setelah melahirkan adalah memulai di waktu yang tepat. Dalam hal ini, hubungan intim sebaiknya dilakukan setidaknya sekitar 1,5 bulan setelah proses persalinan.

Waktu ini adalah waktu yang tepat karena proses persalinan memerlukan waktu untuk penyembuhan. Ketika masa penyembuhan sudah selesai, tentu saja kondisi tubuh akan cenderung lebih stabil.

2. Menyiasati rasa sakit

Barangkali, ada rasa tidak nyaman ketika memulai hubungan intim kembali. Oleh karenanya, Anda dan pasangan harus menyiasati rasa sakit yang mungkin muncul. Ada baiknya jika Anda memulai kembali intimasi dengan pasangan.

Selain itu, pastikan jika Anda berkomunikasi dengan pasangan jika muncul rasa sakit. Dengan komunikasi yang tepat, tentu Anda dan pasangan nantinya akan merasa lebih tenang.

3. Meningkatkan foreplay

Setelah melahirkan, secara umum vagina akan cenderung lebih kering. Oleh karenanya, untuk memulai berhubungan intim kembali, ada baiknya jika Anda dan pasangan meningkatkan foreplay. Ini adalah hal yang penting dilakukan agar rasa sakit tidak muncul.

Beberapa poin di atas bisa menjadi tips mendasar untuk berhubungan setelah melahirkan. Hanya saja, ketika ternyata timbul masalah setelah berhubungan, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter agar masalah tersebut bisa diatasi dengan segera dan tidak menimbulkan masalah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *